Proses Pertumbuhan Gigi Susu

Belum banyak orang tua yang tau bahwa mengamati pertumbuhan gigi anak sangatlah penting. Perkembangan gigi pada anak dimulai dari proses tumbuh gigi susu atau yang dikenal dengan sebutan  teething . Proses tumbuh gigi atau  teething  ini secara spesifik dikenal sebagai proses dimana gigi susu bayi mulai muncul dan keluar dari gusi anak. Meski sebenarnya pertumbuhan gigi sudah dimulai saat bayi masih berupa janin dalam kandungan.

Proses  teething  terjadi karena pada saat bayi berada di usia tumbuh gigi, tubuh mengeluarkan zat kimia yang merangsang pemisahan gusi dengan gigi. Proses ini memungkinkan gigi untuk tumbuh terus dan muncul ke permukaan gusi. Gigi anak yang mulai tumbuh pertama kali dinamakan gigi susu.

Tumbuhnya gigi susu tidak serta-merta semua gigi langsung muncul secara utuh, tetapi dimulai dari proses sedikit demi sedikit. Jumlah gigi susu yang tumbuh di awal masa  teething  pun sangat terbatas, tidak langsung lengkap 20 buah. Nah, guna memahami pertumbuhan gigi susu anak dan cara merawatnya dengan benar maka, simak ulasan dibawah ini.

1. 0-3 Bulan pertama: Awal Mula Bakal Gigi Bayi

Pertumbuhan ini tepatnya dimulai sejak janin masih berusia kira-kira 6 minggu, bahkan belum genap 1 bulan. Perlahan-lahan, janin akan menumbuhkan jaringan cikal bakal gigi saat janin memasuki umur 3 atau 4 bulan. Sampai bayi telah terlahir pun, calon bakal gigi ini masih akan tersembunyi dan biasanya tidak muncul hingga bayi berusia di atas 3 bulan.

Namun pada beberapa kasus yang sangat jarang terjadi, ada bayi yang lahir dengan gigi yang sudah tumbuh meski masih sangat kecil. Jika hal tersebut terjadi pada anak Anda, tidak perlu khawatir. Gigi tetap bisa tumbuh dengan normal tanpa masalah.

2. Usia 3 hingga 8 bulan: Gigi Susu Pertama Muncul

Rata-rata, pada umumnya bayi mulai tumbuh gigi pada usia 6 bulan. Namun tingkat pertumbuhan bayi yang berbeda-beda memungkinkan ada kejadian di mana bayi berusia 3 bulan sudah mulai menampakkan giginya. Atau bisa jadi juga si bayi tidak menampakkan giginya hingga berusia 8 bulan. Pada rentang usia 3 hingga 8 bulan ini, gigi susu pertama yang akan muncul adalah gigi seri tengah bawah. Biasanya, akan langsung muncul sepasang gigi seri tersebut perlahan-lahan sehingga sering disebut dengan istilah erupsi gigi. Setelah sepasang gigi seri bawah muncul, selanjutnya akan muncul sepasang gigi seri tengah atas.

Pada kebanyakan kasus erupsi gigi, banyak bayi yang akan mengalami demam dan rewel. Hal ini tidak masalah karena merupakan proses yang alami. Si kecil akan merasakan nyeri dan gatal pada gusinya. Saat-saat seperti ini, Anda bisa membantu meringankan gejalanya dengan mengusap gusi si kecil dengan handuk kecil yang sudah dicelupkan pada air dingin atau memberinya teether yang telah dibekukan di lemari es. Rasa dingin dari handuk dan  teether  beku ini akan meringankan nyeri dan gatal si kecil.

3. Usia 8 hingga 12 bulan: Pertumbuhan Gigi Seri Atas.

Pertumbuhan gigi seri si kecil akan berlanjut hingga usia sekitar 12 bulan. Gigi seri samping atas akan muncul. Saat berusia 12 bulan atau 13 bulan, umumnya si kecil sudah memiliki gigi seri atas yang lengkap.

4. Usia 12 hingga 16 bulan: Pertumbuhan Gigi Seri Bawah.

Pertumbuhan gigi seri atas biasanya dilanjutkan dengan pertumbuhan gigi seri bawah. Pada usia 12 hingga 16 bulan, gigi seri samping bawah akan keluar perlahan untuk melengkapi jajaran gigi seri lengkapnya. Setelah proses ini selesai, si kecil akan memiliki 8 buah gigi seri lengkap. Si kecil akan mampu untuk menggigit makanan dengan lebih baik.

5. Usia 16 hingga 24 bulan: Pertumbuhan Gigi Taring dan Munculnya Geraham.

Pada usia 16 hingga 22 bulan, si kecil akan mulai menumbuhkan gigi taringnya. Biasanya, yang muncul lebih dahulu adalah gigi taring atas. Pertumbuhan gigi taring atas ini akan dilanjutkan oleh gigi taring bawah pada usia 17 hingga 24 bulan. setelah genap berusia 2 tahun, umumnya si kecil sudah memiliki gigi seri lengkap dan gigi taring lengkap.

Di masa ini pula, gigi geraham akan mulai tumbuh untuk membantu si kecil mengunyah makanan dengan lebih halus. Pertama-tama akan muncul gigi geraham kecil yang muncul di sebelah taring, setelah itu menyusul kemudian gigi geraham besar setelahnya. Gigi geraham besar sangat penting untuk menghancurkan makanan dan melumatnya hingga mudah ditelan dan dicerna.

6. Usia 2 hingga 4 tahun: Jumlah Gigi Susu Anak menjadi Lengkap.

Pada usia 2 hingga 4 tahun, jumlah gigi susu anak akan terus tumbuh dan menjadi lengkap 20 buah. Umumnya di usia ini, si kecil akan memiliki 20 buah gigi susu yang tumbuh dan berfungsi dengan baik. Gigi susu ini akan terus dipakai oleh si kecil hingga semua gigi susu tergantikan oleh gigi dewasa. Proses pergantian ini akan berlangsung dalam waktu yang sangat panjang antara usia 6 hingga 12 tahun.

Sekali lagi, tidak masalah jika pertumbuhan gigi sedikit terlambat atau lebih cepat dari estimasi pada umumnya. Asupan gizi dan kondisi kesehatan si kecil turut menentukan kapan gigi susu mulai muncul dan tumbuh sempurna. Bila ingin perawatan atau berkonsultasi tentang gigi Anda dapat datang ke klinik gigi Happytethdentalcare. Dokter gigi di Pondok Aren Tangerang Selatan ini dapat membantu Anda mencari solusi tentang masalah gigi Anda Anda.