Setelah Cabut Gigi Apakah Harus Minum Antibiotik?

Pencabutan gigi akibat dari berbagai penyebab merupakan tindakan bedah sederhana yang paling umum dilakukan. Gigi yang tidak sakit dan berlubang pun kadang diindikasikan untuk dilakukan pencabutan. Contohnya pada operasi gigi bungsu, pencabutan untuk kepentingan ortodonsi, atau serial ekstraksi pada anak. Tindakan pencabutan pada gigi seperti ini dianggap sebagai clean contaminated surgery dengan resiko infeksi luka kurang dari 5%.

Banyak sekali perdebatan mengenai penggunaan antibiotik pasca pencabutan gigi. Beberapa ahli berargumen bahwa rongga mulut merupakan habitat berbagai macam bakteri yang dapat menjadi patogen apabila terjadi disrupsi integritas mukosa dan terbukanya soket gigi. Ahli lain berpendapat bahwa adanya trombosis pada soket akan mencegah infeksi pada soket, dan sistem imun yang baik mampu menghilangkan potensi infeksi yang terjadi.

Studi terkini menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan pada kelompok yang diberikan antibiotik dan yang tidak diberikan antibiotik pasca pencabutan gigi dengan parameter ukuran nyeri postoperatif, pembengkakan, dan pembukaan mulut. Juga tidak ditemukan perbedaan yang signifikan pada parameter komplikasi postoperatif seperti dry socket. Artinya, pemberian antibiotik tidak mengurangi resiko terjadinya nyeri postoperatif, pembengkakan, trismus,maupun nyeri postoperatif.

Dengan demikian, penggunaan antibiotik pasca pencabutan gigi perlu dipertimbangkan lagi secara lebih cermat. Terkadang untuk kondisi tertentu, antibiotik tidak begitu diindikasikan. Dokter gigi harus lebih mempertimbangkan beberapa hal sebelum meresepkan antibiotik pasca pencabutan gigi yakni tipe tindakan pencabutan, kebersihan rongga mulut, tingkat kesulitan pencabutan, serta kepatuhan pasien pada instruksi postoperatif.

Jika setelah cabut gigi, terasa nyeri, bengkak, atau pendarahan segera periksakan ke klinik gigi terdekat. Langsung datang saja ke klinik gigi @happyteethdentalcare agar segera ditangani oleh dokter gigi yang terpercaya. Selain itu, Dokter gigi di Pondok Aren Tangerang Selatan ini juga dapat melayani berbagai macam perawatan gigi dan gusi seperti scaling, bleaching, veneer maupun tambal gigi.

“Happy Life Begin from Happy Teeth”