Penyebab Kanker Mulut Beserta Risikonya

Penyakit mulut tidak hanya sariawan atau sakit gigi, organ satu ini juga berpotensi mengalami penyakit berbahaya seperti kanker. Sel abnormal ini bisa menyerang sel mana saja pada tubuh Anda, termasuk rongga mulut. Yukk kita kita pelajari bersama tentang penyakit ini!

Kanker mulut atau disebut juga kanker rongga mulut adalah penyakit kanker yang menyerang jaringan epitel mukosa pada rongga mulut (meliputi bibir, gusi, dasar mulut, lidah, pipi dan langit-langit). Awalnya, kanker ini tentu tidak langsung tumbuh begitu saja, tapi didahului dengan munculnya luka di mulut yang sekilas mirip sariawan tapi tidak kunjung sembuh.

Kanker oral atau kanker mulut jarang dideteksi di awal. Kebanyakan kasus penyakit ini biasanya ditemukan setelah penyebarannya sampai ke kelenjar getah bening di leher.

Jika tidak didiagnosis dan diobati dengan segera, kanker dapat berisiko mengancam nyawa. Itu sebabnya, deteksi sejak dini adalah kunci penting untuk mencegah agar kanker tidak berkembang lebih serius.

 Ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker mulut, di antaranya adalah keturunan dan usia (di atas 50 tahun). Beberapa perilaku dan penyakit juga diduga bisa membuat seseorang lebih berisiko terkena kanker mulut. Perilaku yang dimaksud adalah:

  • Merokok
  • Jarang mengonsumsi sayur dan buah
  • Mengonsumsi minuman beralkohol
  • Tidak menjaga kebersihan dan kesehatan mulut, misalnya membiarkan gigi berlubang, sering terpapar sinar matahari, misalnya pekerja lapangan
  • Sering mengunyah buah pinang

Sedangkan penyakit yang diduga berisiko menimbulkan kanker mulut adalah:

  • Infeksi Harpes mulut
  • Infeksi HPV
  • Penyakit yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, misalnya HIV/AIDS
  • Penyakit genetik tertentu, seperti anemia Fanconi atau diskeratosis kongenital

Untuk menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut, Anda perlu melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi 1-2 tahun sekali. Namun, pemeriksaan dapat dilakukan lebih sering, tergantung pertimbangan dokter berdasarkan kondisi kesehatan rongga mulut Anda.

Gejala awal kanker mulut, misalnya sariawan, sering kali dianggap sebagai suatu hal yang tidak berbahaya dan diabaikan sampai kondisinya sudah parah. Karena gejala awalnya seperti sariawan maupun penyakit mulut yang umum terjadi. Maka, tetaplah waspada terhadap gejala-gejala kanker mulut di atas dan segera periksakan diri ke dokter gigi jika gejala tidak kunjung sembuh selama lebih dari 2 minggu. Atau juga bisa datang ke dokter gigi @happytethdentalcare sebelum terjadi hal yang lebih parah lagi.

Artikel ini dikutip dari https://hellosehat.com/kanker/kanker-lainnya/kanker-mulut/